Secara umum terkait dengan kepanjangan P5, dapat dipahami bahwa P5 merupakan upaya mewujudkan generasi peserta didik mendatang yang berperilaku berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila. Hal ini sekaligus menjadi sarana dalam pencapaian profil Pelajar Pancasila.
Adapun enam dimensi dari Profil Pelajar Pancasila, meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
Uniknya, implementasi P5 bukan hanya terintegrasi dalam setiap mata pelajaran, melainkan memiliki bagian tersendiri dalam setiap alokasi waktu belajar. Ini memberikan siswa kesempatan untuk mengasah pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka dengan belajar dari rekan-rekan, guru, hingga tokoh masyarakat.
Untuk lebih memahami apa itu P5, MIN 2 Manado dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) membahas perihal pendalaman P5.
KKG yang dilaksanakan di ruang guru MIN 2 Manado tersebut dibuka oleh Koordinator Bidang Kurikulum ibu Elvirawati Bakung, S.Pd dan diikuti oleh seluruh guru MIN 2 Manado.
Adapun yang membawakan materi tentang P5 tersebut adalah ibu Megayanti, S.Pd,Gr, yang merupakan guru penggerak angkatan 6. Dalam penyampaiannya, pemateri berharap seluruh guru dapat menerapkan P5 baik fase A,B dan C dalam upaya pencapaian karakter Pancasila pada peserta didik.
Kegiatan KKG ditutup dengan pembentukan panitia P5 MIN 2 Manado fase A, B dan C dengan penanggung jawab pelaksanaan P5 adalah Kepala MIN 2 Manado.
Sabtu, 11 Agustus 2023